Terbaru

Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung api yang menjulang tinggi di Pulau Lombok. Untuk mendaki gunung Rinjani bisa menjadi pengalaman menggembirakan yang dapat anda rasakan. Dengan ketinggian 3.726 m, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia. Naik ke puncak Gunung Rinjani tidaklah mudah, tapi  ketika Anda mencapai puncak anda dapat menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan.
Taman Nasional Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani
 Gunung Rinjani merupakan bagian dari 'cincin api' berperan penting dalam aspek kehidupan spiritual masyarakat setempat. Hal ini diperkirakan bahwa nama Gunung Rinjani berasal dari kata Jawa Rinjani yang berarti 'Allah'.
Taman Nasional Gunung Rinjani terletak di Gunung Rinjani.  Di sinilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan flora dan fauna dari Australia. Taman Nasional didirikan pada tahun 1997 dan merupakan salah satu dari 40 taman nasioanl di Indonesia.

Mendaki gunung Rinjani berlangsung tiga hari. Pendakian dimulai dari Senaru  yang terletak di lereng gunung, dan selanjutnya menuju Sembalun Lawang yang dianggap salah satu tempat surfing terbaik di Asia Tenggara.

Di resor ski Gunung Rinjani, ada air terjun, dikelilingi oleh hutan yang sangat padat. Di pegunungan, ada sebuah danau berbentuk bulan sabit yang bernama Danau Segara Anak.Danau sulfur yang terletak 600 m di bawah lereng kawah. Bagi beberapa masyarakat Segara Anak adalah tempat spiritual. Orang Bali datang ke sini setiap tahun dan mengadakan upacara persembahan kepada roh-roh gunung.  

Taman Nasional Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani
 Akomodasi

Ada banyak tempat menginap dikawasan Sembalun dan Senaru yang memberikan kenyamanan menginap. Anda bisa menikmati dinginnya udara pegunungan yang bisa masuk sampai ketulang.
  
Berbelanja

di Lombok ada berbagai macam kerajinan dan souvenir. Kerajinan utama Lombok juga biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk kehidupan sehari-hari. Kerajinan tangan Lombok tepatnya wilayah Gunung Rinjani  menggunakan teknik tradisional dan bahan-bahan lokal.

Kerajinan tangan yang dapat anda beli diantarnya kerajinan dari gerabah dan batu kapur, kain tenun tradisional, topeng kayu, ukiran tua. Kain tenun yang populer diproduksi di Sengkol, Sade dan Pringgasela. selain itu di Lombok juga terdapat kerajinan patung-patung kayu, keranjang bambu dan pot keramik. Dari benda-benda diatas, ada banyak yang bisa dijadikan souvenir dan oleh-oleh untuk kelurga, teman maupun sahabat.

Kegiatan

Menyegarkan tubuh di air panas diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Pemandian air panas merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Berendam di air panas dapat menyegarkan tubuh anda kembali setelah menempuh perjalan panjang selama pendakian.

Di lereng Gunung Rinjani terdapat sebuah desa yang sangat asri. Desa tersebut akan memanjakan mata anda degan pemandangan hijaunya. Disini anda juga dapat menyewa pemandu yang dapat membawa anda untuk berkeliling. Salah satu tujuan wisatawan selama di gunung rinjani adalah Ubud Hutan Monyet (Ubud Monkey Forest)

Tidak ada tantangan yang lebih menarik, selain mendaki gunung api yang masih aktif. Mendaki Gunung Rinjani juga bisa menjadi tes fisik dan keberanian, tetapi semua itu akan dibayarkan dengan pemandangan yang sangat indah, danau belerang, air terjun, dan pemandangan menarik lainnya sepanjang jalan. Dan ada banyak keajaiban alam yang ada di taman nasional, yang siap untuk ditemukan.
 
Transportasi

Desa Senaru dan Sembalun Lawang merupakan dua titik permulaan untuk mendaki Gunung Rinjani. Desa Senaru berjarak 3 jam perjalanan dari Utara Mataram, sedangkan Desa sembalun Lawang berjarak kira-kira 4 jam perjalanan dari timur Mataram. Anda dapat sampai ke Senaru dengan menggunakan angkutan umum ke Bayan lalu berjalan kaki.

Taman Nasional Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani

 Tips

Ada beberapa tips yang kami berikan kepada anda yang ingin mendaki gunung Rinjani.

  • Untuk mendaki gunung, Anda memerlukan sepatu gunung yang baik. Anda akan berada di lereng kawah yang dingin dan berangin, jadi anda harus membawa baju hangat.
  • Jangan lupa untuk membawa buku panduan pendakian yang dibutuhkan sebagai panduan.
  • Lebih baik membawa kantong tidur sendiri, tetapi jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menyewa disana. Tenda dan peralatan trekking yang lain juga bisa disewa.
  •  Tidak datang di musim hujan, karena trek licin dan tentu saja ditakuti dan berbahaya. 
Kuliner
Kebanyakan pemandu wisata akan mempersiapkan makanan untuk Anda selama trek atau Anda boleh membawa makanan sendiri. Kebanyakan para trekker juga membeli persediaan makanan sendiri di Mataram atau Senggigi.


Sumber : indonesia.travel











0 Response to "Taman Nasional Gunung Rinjani"