Terbaru

Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)

seo-traveler.com - Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) adalah sebuah danau kawah (kaldera) yang terletak Gunung Rinjani, terletak di ketinggian sekitar 2.008 meter di atas permukaan laut dengan luas 1.100 hektar dan kedalaman antara 160-230 meter. Di tengah danau, ada sebuah gunung kecil yang biasa disebut "gunung baru jadi" dengan ketinggian 2,376 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masih sangat aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009. Sebelumnya gunung ini juga meletus pada tahun 2004. Sehingga Bagi anda yang ingin menyaksikan keindahan Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani).

Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)
Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)
Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) mempunyai sebuah arti. Nama Segara Anak berarti anak laut. Segara itu sendiri berarti "laut". Itu didasarkan pada warna air danau yang berwarna biru seperti warna air laut. Danau ini seperti hadiah untuk keringat dan usaha yang anda laukan sebelum mencapau puncak Gunung Rinjani.
 
Selain keindahan Danau Segara Anak di atas gunung-gunung yang menawan, danau Segara Anak yang berjarak sekitar 5 kilometer dari puncak Rinjani juga menawarkan banyak pesona lain. Tidak hanya pesona alam yang indah, danau ini juga menawarkan beberapa kegiatan yang menyenangkan yang dapat dinikmati sambil merasakan dan mengetahui pesona dan mistik cerita yang mencakup Gunung Rinjani dan sekitarnya.

  • Kegiatan

Dalam Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) ini terdapat banyak ikan air tawar seperti nila, dan ikan mas. Kegiatan menangkap ikan yang ditawarkan menjadi sangat asyik terlebih lagi ditemani pemandangan danau yang indah. Ikan disini dapat  ditangkap oleh pendaki (wisatawan) dan masyarakat setempat secara bebas. Mereka mengatakan ikan itu sengaja dibesarkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat sebagai suplemen untuk daya tarik danau. Oleh karena itu, jangan pernah melupakan pancing dan umpan. Anda juga dapat menyewa perlengkapan memancing di Desa Senaru atau Desa Sembalun.

Selain memancing, berenang di Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) ini juga menyenangkan sekaligus menyegarkan. Meskipun air danau sedikit berbau belerang, hal ini tidak mengurangi keseruan menceburkan diri di air danau yang dingin.  Selain itu, dikatakan pencampuran air tawar dan belerang di Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, di dekat Gunung Baru Jadi, gunung yang merupakan anak dari Gunung Rinjani, ada beberapa sumber air panas yang juga dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit.

Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)
Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)
Sekitar Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) ada juga beberapa gua dan air terjun. Dalam gua ada beberapa mata air belerang yang biasa digunakan penduduk setempat untuk mencuci peralatan yang mereka gunakan dalam sebuah upacara adat. Gua Susu misalnya dapat dicapai dengan perjalanan sejauh 1 km dari Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani). Gua ini disebut gua susu karena air gua putih seperti air susu. Konon gua ini sering digunakan sebagai tempat meditasi. Tapi tidak sembarang orang bisa bermeditasi di sini, jika meditasi dengan niat jahat, maka orang itu akan  meninggal langsung di gua.

  • Transportasi

Pasti tidak transportasi yang dapat Anda temukan di Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani). Berjalan adalah satu-satunya cara yang paling tepat untuk sampai ke sana. Oleh karena itu, berikut ini adalah informasi mengenai jalur pendakian yang dapat Anda pilih.
    
Pertama Jalur Sembalun. Jalur ini cukup ramai dipilih oleh wisatawan dan para pendaki. Jalur Sembalun adalah sebagai berikut: Mataram-Sembalun-Danau Segara Anak-Sembalun Lawang.

Jarak dari Mataram ke Sembalun adalah 4-5 jam. Anda dapat menyewa mobil untuk pergi langsung ke Sembalun. Namun, jika Anda memilih untuk naik angkutan umum, Anda harus berhenti dua kali. Ynag pertama anda harus berhenti di Aikmel. Perjalanan kemudian berlanjut dari Aikmel ke Sembalun dengan angkutan umum lainnya. Kami merekomendasikan anda berangkat pagi hari jika menggunakan angkutan umum, karena transportasi Aikmel-Sembalun hanya beroperasi sampai jam 12 siang saja.

Kedua, jalur Senaru. Jalur Senaru adalah : Mataram-Senaru-Danau Segara Anak-Pelawangan Sembalun-Puncak Rinjani.

Dari Terminal Mandalika di Mataram, perjalanan menuju Senaru dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau sewa selama 3-4 jam. Dari Senaru ke Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 7-10 jam. Jika Anda ingin ke puncak Rinjani anda harus berjalan sekitar 4 ja lagi dari Pelawangan Sembalun.

Ketiga, jalur Torean : Mataram-Danau Segara Anak-Torean. Perjalanan dari Mataram ke Torean dapat ditempuh sekitar 4-5 jam. Dari Torean, perjalanan ke Danau Segara Anak dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 8-9 jam. Berbeda dengan dua jalur sebelumnya, jejak ini menawarkan pemandangan sungai, menawarkan bidang, perkebunan, hutan produksi dan padang rumput.

  • Akomodasi

Alam pegunungan liar yang terbuka dan langit adalah satu-satunya fasilitas yang ada saat melakukan pendakian. Oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan sejumlah alat dan perangkat yang akan diperlukan.

Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)
Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)
Di  desa Sembalun, anda juga dapat menemukan layanan seperti guide, kuli, dan penyewaan alat untuk mendukung pendakian. Beberapa alat yang dibutuhkan adalah kantong tidur, tenda, pancing dan umpan, peralatan masak, persiapan makanan dan minuman, obat-obatan, dan tentu saja, barang-barang pribadi anda lainnya. Kantong tidur dan tenda adalah yang terpenting dan utama, karena anda akan menghabiskan malam di pegunungan atau sekitar Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani) yang tentunya memiliki suhu yang dingin.
 
Informasi lebih lanjut tentang layanan, anda dapat perolah dari petugas Taman Nasional di pos pemeriksaan Sembalun atau Koperasi Wisata Rinjani Information Center (RIC) di pintu masuk Sembalun. di Senaru anda dapay menemukan hotel-hotel kecil atau guest house.

Ada juga agen tur pendakian. Jika Anda tidak ingin menggunakan jasa agen, ada baiknya jika pendakian didampingi oleh pemandu. Biasanya, pemandu ini juga berfungsi sebagai kuli sekaligus juru masak.




 

0 Response to "Danau Segara Anak (Danau Indah di Gunung Rinjani)"